5 Cara Hidup Hemat untuk Kamu yang Gajinya Pas-Pasan

Memiliki gaji yang pas-pasan memang sering membuat bingung. Apalagi, di tengah kebutuhan hidup yang banyak, kita harus pintar-pintar dalam mengatur pengeluaran. Nah, bagi kamu yang gajinya pas-pasan, ada baiknya kamu melakukan 5 cara hidup hemat berikut ini agar tidak besar pasak dibandingkan tiang.

1. Menjalani Gaya Hidup yang Sederhana
Walaupun kamu memiliki gaji di atas 10 juta rupiah, jika kamu cenderung bergaya hidup glamor, maka jangan heran jika kamu kehabisan uang di akhir bulan. Beda halnya jika kamu menerapkan gaya hidup sederhana. Walau gajimu hanya dua hingga tiga juta per bulan, niscaya tetap cukup atau bahkan lebih untuk satu bulan ke depan.

Maka dari itu, walau penghasilanmu pas-pasan, kamu harus belajar untuk seefektif mungkin dalam menggunakannya. Misalnya, kamu harus membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Menjalankan gaya hidup sederhana bisa menjadi cara hidup hemat terbaik untuk mengatur dan menghemat pengeluaranmu agar terhindar dari hutang dan bisa menabung.

2. Pastikan Pengeluaran Tidak Lebih dari Pendapatan
Bagaimana sih cara menghemat uang, khususnya di pengeluaran? Mengapa gaji tidak pernah cukup untuk sebulan? Nah, sederet pertanyaan ini seringkali hinggap di benak orang-orang yang sudah bekerja dan mendapatkan gaji tiap bulannya. Nah, untuk mengantisipasi keborosan, ada baiknya kamu mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran secara rinci.

Catat semua pengeluaran, walau itu biaya parkir sekalipun. Dari catatan tersebut, kamu bisa mengetahui rincian dan jumlah pengeluaran serta pemasukan dalam sebulan. Saat ini, banyak aplikasi di playstore yang bisa kamu gunakan untuk menghitung pemasukan dan pengeluaran yang bisa kamu gunakan.

3. Belanja untuk Stok Satu Bulan
Banyak gaya hidup hemat yang bisa kamu lakukan, salah satunya pada saat belanja untuk keperluan sehari-hari. Dengan belanja sekalian untuk satu bulan, kamu tidak perlu bolak-balik ke supermarket atau minimarket hanya untuk membeli kebutuhan kecil. Selain itu, kamu juga bisa menghemat uang parkir karena kamu hanya satu bulan sekali berbelanja.

Caranya, list kebutuhan apa saja yang kira-kira diperlukan dalam kurun waktu sebulan, mulai dari bahan makanan pokok, peralatan mandi dan mencuci, dan lain sebagainya. Pastikan jangan sampai ada yang tertinggal. Cara ini tentu bisa membuatmu lebih hemat dari segi apapun. Belum lagi, jika kamu mendapatkan voucher belanja yang bisa ditukar dengan produk.

4. Bedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan
Perlu diingat lagi bahwa kamu adalah orang yang mempunyai penghasilan pas-pasan setiap bulannya. Maka, jika kamu menjalani hidup dengan mengikuti setiap keinginan dan berbagai hal yang sedang trend, maka bisa dipastikan perekonomianmu akan menjadi kacau balau.

Maka dari itu, kamu perlu memprioritaskan kebutuhan terlebih dahulu dibandingkan keinginan. Misalnya, kamu bisa membuat daftar belanja yang memang wajib kamu beli untuk kebutuhan satu bulan. Coret daftar keinginan yang bisa menguras isi kantong seperti menonton film terbaru di bioskop, membeli gadget baru, baju baru, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 8 Tips Berhemat Yang Cerdas Dan Mudah Dilakukan Siapa Saja

5. Biasakan Membawa Bekal
Trik hidup hemat lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membiasakan diri membawa bekal saat bekerja. Kebiasaan ini mungkin tergolong kecil, namun bisa membuatmu menjadi pribadi yang memiliki prinsip hidup hemat.

Dengan membawa bekal dari rumah, kamu bisa menghemat banyak uang. Memasak di rumah tentu bisa lebih hemat ketimbang membeli di luar. Selain itu, higienitas dan gizi makanan bekal dari rumah pun juga lebih terjamin.

Nah, itu dia ulasan mengenai 5 cara hidup hemat untuk kamu yang memiliki gaji pas-pasan. Siapa tahu, dengan menerapkan berbagai kiat hidup hemat di atas, kamu bisa menyisihkan pendapatan untuk ditabung.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *